Lukisan termahal tidak di lihat dari seberapa besar lukisan tersebut, namun di lihat dari segi gambar,karya pelukisnya siapa terkadang bisa di lihat dari segi tahun pembuatan lukisan tersebut. seperti Lukisan Monalisa, Adele Bloch-Bauer II, Dora Maar au Chat, Portrait of Joseph Roulin. Tidak kalah dengan lukisan luar, Lukisan karya bangsa indonesia pun sudah terkenal di berbagai negara dengan harga yang tinggi pula. inilah karya lukisan termahal di indonesia :

1. Raden Saleh

maestro pertama raden saleh yang terkenal pada abad ke 19. Lahir di semarang tahun 1807, Karya-karya nya sudah tidak di ragukan lagi, banyak kolektor dari luar yang ingin memiliki lukisannya. Karya lukisan yang termahal berjudul berburu rusa pada tahun 1996 Balai Lelang Christie’s Singapura seharga Rp 5,5 miliar.

2. Affandi

Affandi Koesoema, Pelukis terkenal di indonesia yang telah menghasil kan kurang lebih 2000 lukisan. Tak heran Affandi sering kali mengikuti perlelangan dan menunjukkan hasil karya nya ke para pecinta seni. beberapa karya nya akan di lelang di Pameran Museum of  Contemporary Arts atau MOCA Singapura, salah satu karya nya yang berjudul “Bebotoh Ayam (Man With Fighting Cockerel)”, yang menceritakan seorang anak lelaki yang sedang membawa seekor ayam jago di tangan kiri dan sangkar ayam yang terjual seharga 4 miliar.

3. Hendra Gunawan

Pelukis asal bandung, jawabarat 11 Juni 1918 ini terkenal sebagai aktivis politik dan pelukis di indonesia  maupun luar dengan karya lukis nya. salah satu karyanya mengikuti sebuah perlelangan yang berjudul “Ibu dan Anak-Anak”, dilukis pada tahun 1974, berukuran 195 X 87 cm. Laku terjual 613 ribu Euro – hampir 7,5 milyar Rupiah. dan tercatat sebagai rekor di Pusat lelang Christie’s Amsterdam.

 

4. Basuki Abdullah

Basuki Abdullah yang lahir di surakarta jawa tengah pada tahun 1915. yang selalu melukiskan potret seorang wanita di sebuah karya – karya lukisnya. salah satu karya nya di lelang lewat Pusat lelang Christie’s Amsterdam berjudul balinesebeauty dengan kisaran harga yang belom dipastikan berapa.

5. I Nyoman Masriadi

Mungkin masih asing di dengar oleh masyarakat akan nama pelukis ini, I nyoman Masriadi yang lahir di gianyar, bali 28 oktober 1973 adalah seorang pelukis termuda. walaupun namanya belum setenar senior-senior nya yang lain namun dia sudah banyak melintang di dunia seni dan mengikuti ajang perlelangan di berbagai negara. pada tahun 2008 ia mengikuti perlelangan sotheby’s di hongkong, dengan memamerkan salah satu lukisan nya yang berjudul “The Man From Bantul” yang terjual seharga 10 miliar, harga jual yang sangat tinggi bagi seorang pelukis muda ini dan menjadi rekor tertinggi se asia tengara.