bagi kalangan tertentu mungkin lukisan abstak merupan lukisan yang tidak bermakna dan hanya coretan. tetapi sebenarnya di dalam coretan itu memiliki makna yang terselubung. olehkarenanya, tidak semua orng mampu melukis abstrak yang memiliki makna yang kuat. berikut 5 pelukis abstrak yang terkenal di Indonesia

1. Affandi Koesman, sudah terkenal bukan hanya di Indonesia tetapi sampai go Internasional. dengan 2000 karyanya ia sudah berkarya dengan gaya ekspresionis dan romantisnya.

2. Abas Alibasya, bukan hanya dengan lukisan membuat Abas Alibasya terkenal tetapi ia merupakan pemikir, pejuang, dan organisatoris.

3. Achmad Sadali, ia menuangkan karyanya dengan aksentuasi pada warna emas dalam lukisan abstraknya.  keebesaran ilahi merupakan aksen penting yang ia buat dalam lukisannya.lukisannya menjadi 3 orng terbaik dalam pameran besar lukisan di TMII.

4. Fadjar Sidik, ia memiliki bakat melukisa abstrak dengan memadukan dengan dinamika ruang. membentuk kota atau bulat yang membuat hasil lukisannya terkesan elegan. hal itu merupakan cirikhas Fdjar Sidik

5. Nashar, lukisan abstrak yang dia buattidak dengan teknik, konsep dan objek. tetapi keinginan jiwa yang keluar dalam dirinya.