Seni lukis realis yaitu suatu lukisan yang menggambarkan dengan objek yang sebenar nya ataupun berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari dari karakter, suasana, dilema, dan objek, untuk mencapai tujuan yang lebih hidup . Pada umumnya para pelukis realis akan melukis apa yang di lihat nya dengan menggabungkan bakat nya agar lukisan terlihat lebih hidup seperti apa yang di lihat dan di bayangkan nya.

Di Indonesia sudah banyak pelukis yang beraliran realis yang memiliki bakat seni yang belum tentu orng memilikinya,Indonesia mempunyai maestro terkenal yang beraliran realis, yaitu :

1. Raden Saleh

Mastro pertama yaitu raden shaleh sjarif boestaman atau sering kita kenal dengan raden saleh yang lahir pada tahun 1881 di semarang jawa tengah.
dengan bakat nya yang dia punya semenjak kecil dan lebih mengasah lagi dengan belajar ke Belanda pada tahun 1829 dengan di dukung serta di biayai oleh gubenur Jenderal G.A.G.Ph. van der Capellen .
Semenjak belajar di Belanda dia terpengaruh dengan tokoh romantisme Delacroix yang menciptakan karya lukis romastisme nya yang begitu realis pada abad 19.
melalui karyanya ia menyindir nafsu manusia yang terus mengusik makhluk lain. Misalnya dengan berburu singa, rusa, banteng, dll.
Berkat usaha dan reputasi karya nya Raden saleh  reputasi yang ditunjukkan oleh prestasi artistiknya, membuat nya dikenang di indonesia maupun di luar negeri.
karya-karya lukisannya pernah di pamerankan di museum akbar seperti Rijkmuseum, Amsterdam, Belanda, dan dipamerkan di museum bergengsi Louvre,Paris, Perancis.
Pada tahun 1883 di adakan pameran di amsterdam untuk memperingati wafat nya Raden Saleh, Lukisan yang di pamerkan yaitu Hutan Terbakar, Berburu Kerbau di Jawa, dan Penangkapan Pangeran Diponegoro.
Raden saleh juga memdapatkan penghargaan dari tanah air nya Indonesia berupa Piagam Anugerah Seni sebagai Perintis Seni Lukis di Indonesia pada tahun 1969.
Contoh Karya Lukis Raden Saleh :

2. Basuki Abdullah

Basuki Abdullah yang lahir di surakarta jawa tengah pada tanggal 25 januari 1915, seorang pelukis terkenal di indonesia beraliran realis serta terkenal sebagai pelukis di istana merdeka jakarta yang karya-karya nya menghiasi istana negara dan kepresidenan indonesia.
BAsuki Abdulah lebih dominan melukis potret seperti sesosok perempuan yang di perindah lewat lukisannya.
Jiwa seni yang dia punya turun menurun dari seorang ayah nya yang bernama Abdullah Suriosubroto yang seorang pelukis dan penari.
semenjak kecil bakat seni nya sudah terlihat dengan melukiskan toko terkenal seperti Mahatma Gandhi, Rabindranath Tagore, Yesus Kristus dan Krishnamurti.
Kepandaian yang dimilikinya dia memperoleh beasiswa yang membawa nya ke belanda untuk sekolah seni rupa  (Academie Voor Beeldende Kunsten) di Den Haag, dengan waktu singkat selama 3 th. Beliau jg sempat mengajar seni lukis pada tahun 1943 di gerakan poetra atau pusat tenaga kerja. serta aktif di Keimin Bunka Sidhosjo (sebuah Pusat Kebudayaan milik pemerintah Jepang) bersama-sama Affandi, S.Sudjoyono, Otto Djaya dan Basoeki Resobawo.
Pada tanggal 6 September 1948, Basuki Abdullah mengikuti sayembara melukis di belanda amsterdam sewaktu penobatan Ratu Yuliana. dan memenangkan sebagai pemenang dari  87 pelukis Eropa. Pada saat itulah Basoeki Abdullah mulai terkenal dunia.

Contoh Karya Basoeki Abdullah :

3. Sindoesoedarsono Soedjojono

Inilah Bapak Seni Lukis Indonesia Modern Sindoesoedarsono Soedjojono atau di sebut juga S. Sudjojono serta orng pertama yang menjadi kritikus seni rupa, Lahir di Sumatra Utara, 14 Desember 1913, Sebelum mentekadkan sebagai pelukis, dia sempat menjadi salah satu guru di Taman siswa pada tahun 1931di banyuwangi. selama mengajar, dia mulai untuk menekuni bakat yang ada pada dirinya sebagai pelukis.
dengan ciri khas kasar atau bertekstur yang berbeda dengan yang lain, Lantas dia mengikuti pameran pada tahun 1937 di Kunstkring Jakarya, Jakarta. bersama peserta pelukis eropa, berawal dari situ lah S. Sudjojono terkenal menjadi pelukis dan menjadi pionir mendirikan Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi), dan awal seni lukis modern berciri Indonesia.
Karya Lukis yang terkenal dari  S. Sudjojono yaitu : Di Depan Kelambu Terbuka, Cap Go Meh, Pengunso serta Seko.

 

Contoh Karya Lukis S. Sudjojono :

4. Barli Sasmitawinata

Bari Sasmitawinata adalah seorang seniman pelukis realis sekaligus guru di ITB (Institut Teknologi Bandung) terkenal di indonesia yang lahir di Bandung 18 Maret 1921, dia satu-satu nya orang pribumi yang belajar di studio milik Jos Pluimentz, pelukis asal Belgia yang tinggal di Bandung Pada tahu 1935 yang di suruh oleh kk ipar nya. disana dia mulai banyak belajar melukis objek benda dan alam yang berguru ke Luigi Nobili seorang pelukis italia.dari studio itulah Barli mengenal pelukis-pelukis lain, yaitu  Affandi, Hendra Gunawan, Sudarso, dan Wahd, dari perkenalan itu mereka membuat kelompok yang di berinama kelompok lima.
Setelah dia menguasai teknik seni rupa, dia mulai mendirikan  studio Jiwa Mukti bersama Karnedi dan Sartono pada tahun 1948. dan ia pun mendirikan Sanggar Rangga Gempol di kawasan Dago, Bandung pada tahun 1958.
hasil karya nya yang dia hasilkan banyak di pamerankan diluar negeri terutama di museum barli bandung dan mendapat menghargaan dari presiden yaitu  Satyalancana Kebudayaan.

contoh karya Lukisan Barli Sasmitawinata

5. Hendra Gunawan

Hendra Gunawan yang lahir pada tanggal  11 Juni 1918 di Bandung, Jawa Barat ini bermula masuksekolah dan belajar kepada wahdi (seorang pelukis pemandangan) banyak yang dia pelajari dari seorang pelukis wahdi, selain itu juga Hendra gunawan bergabung pada grup sandiwara Sunda sebagai pelukis dekor untuk mengasah kemampuan melukis nya.
Pergaulan seorang pelukis tidak jauh dengan pelukis-pelukis lainnya. hendra gunawan juga berteman dengan pelukis indonesia yaitu Affandi yang membantu dia menginpirasi untuk menjadi seorang pelukis.
pada tahun 1940 Hendra gunawan dengan tekad dan niat tulus membentuk Sanggar Pusaka Sunda dan mengadakan pameran bersama. dan pada tahun 1947 bersama Affandi ,ia mendirikan sanggar Pelukis Rakyat yang melahirkan pelukis berbakat seperti Fajar Sidik dan G. Sidharta.
seni lukis yang dia tampilan memberi semangat juang dengan warna da tema kerakyatan yang dia lukiskan di setiap karya lukis nya. sumber pertama dia mengenal warna natural dan alami dari ikan yang warna nya sangat cantik dan alami.

contoh karya lukis Hendra Gunawan

Proses Jual Beli di Pasar Tradisional, lukis hasil karya Hendra Gunawan,

Pasar Ikan di Pinggir Pantai, karya Hendra Gunawan Pasar Ikan di Pinggir Pantai, karya Hendra Gunawan