Berbicara mengenai berapa banyak tones yang harus digunakan pada sebuah lukisan mirip seperti kita berbicara mengenai berapa banyak “brush” yang akan kita gunakan dan berapa lama lukisan tersebut bisa di selesaikan. Dan jawaban yang lain sesuai ialah : Sebanyak hal itu dibutuhkan bahkan mungkin lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Ini memang jawaban yang sangat tidak membantu ketika Anda ingin memulai untuk melukis. Jadi, inilah jawaban yang lebih nyata :

Saya pikir, sebuah lukisan setidaknya memiliki 5 buah “Tones” dimana 3 tones dasar seperti Gelap, Sedang, dan Sedang. Lalu Anda bisa menambahkan 2 tones lainnya diantara 3 tones dasar itu sendiri, misalnya salah satunya diantara tones Gelap dan Sedang, dan yang satunya diantara tones Terang dan Sedang. Maka hal tersebut akan memberikan Anda 5 tones pada lukisan Anda yaitu Gelap, Terang, Sedang, Tidak terlalu gelap, dan Tidak terlalu terang.

Ketika Anda memperbarui atau memperbaiki lukisan tersebut, Anda mungkin akan berakhir pada tones tingkat lanjut. Jangan merasa pusing dan membuang waktu Anda untuk memikirkan bagaimana cara menghilangkan tones itu sendiri, tetapi yang harus dilakukan adalah memperhatikan bagian tones yang gelap dan tones yang terang. Jangan gunakan tones yang terlalu gelap, tetapi gunakan tones gelap yang tidak berlebihan. Hal itu akan memperbaiki lukisan Anda, dan Anda masih bisa membuat bagian tones yang lebih gelap dari yang sebelumnya hingga tones yang paling gelap.

Lalu, bagaimana cara mengukur seberapa gelap dan seberapa terang tones yang akan Anda gunakan sebagai tones tergelap dan tones terterang pada warna yang akan Anda gunakan? Bayangkan pada warna kuning gelap, maka tidak akan pernah menjadi warna kuning yang sangat gelap ya? Range antara tones tergelap Anda dan tones terterang Anda akan bervariasi, Anda tidak perlu selalu menggunakan range yang ada, namun Anda diperbolehkan untuk memilih tones terterang anda sebagai mid-tone pada lukisan lain.

Coba sekali-sekali Anda perhatikan sebuah lukisan Monochrome, dan Anda akan melihat bagaimana sebuah lukisan dapat diselesaikan dengan sempurna hanya dengan menggunakan satu buah warna, dan lukisan tersebut juga dapat menyediakan serangkaian tones yang digunakan.