Warna merah merupakan warna yang sangat dominan bahkan Anda bisa menemukannya di bagian kecil pada mata Anda. Warna ini berhubungan dengan rasa cinta, nafsu, marah, kesal, api, dan juga darah. Berbagai kandungan warna merah dapat digunakan oleh para seniman untuk menentukan sebuah karakter dan tingkat kekekalan.

Dua warna merah yang pertama diperkenalkan oleh seniman mesir kuno. Yang satu terbentuk dari Cinnabar (Warna merah cerah) dan yang satunya terbentuk dari Madder Root (Perhatikan warna yang ada pada mesir kuno). Dilihat dari hal itu, maka palet anda akan berisikan warna hitam, putih, dan juga ochers.

Cadmium red : Bisa digunakan untuk warna cerah, sedang dan gelap. Sangat kuat, hangat, dan seperti merah buram. Menjadi lebih hitam ketika di campur dengan kandungan warna copper, toxic. Campur cadmium red sedang dengan cadmium yellow sedang untuk mendapatkan warna orange warm.

Scarlet Lake : Cerah, merah pekat, dengan sedikit cenderung ke warna biru. Warna yang kuat dan baik untuk glazing ataupun washes. Yang juga di kenal sebagai Toluidine red, bright red, vermilionette.

Alizarin Crimson : Gelap, Transparan dan juga merah yang menarik dengan sedikit cenderung ke warna biru/ungu. Tambahkan warna merah yang lainnya agar terlihat lebih gelap atau lebih dalam. Bagus untuk glazing transparan atau washes ketika warna tersebut akan bertambah dalam tanpa mengaburkan detail lainnya. Kandungan warna sintetisnya berhubungan dengan traditional rose madder yang juga di kenal sebagai alizarin madder, rose madder, alizarin, alizarin carmine.

Vermilion : Cerah, merah pekat yang terbentuk dari sulfur dan mercury. Toxic dan prone menjadikan warna hitam pada sunlight. Menurut adat, warna ini dijadikan sebagai hal penting dalam sebuah lukisan. Menjadi sebuah kandungan yang mahal, dan sekarang tersedia sebagai warna yang juga di kenal sebagai Cinnabar Vermilion dan Scarlet Vermilion.

Carmine : Warna merah tradisional yang merupakan sebuah pelarian dari warna merah lainnya, tetapi sekarang telah di produksi dalam versi permanen.

Rose Madder : Merupakan warna yang khusus atau istimewa, merah transparan dan terbentuk dari rose madder root yang juga di kenal sebagai Madder Lake dan Madder Pink.

Quinacridone Red : Gabungan dengan Ultramarine untuk mendapatkan warna ungu yang cemerlang dengan Payne Grey untuk warna ungu redup. Yang juga dikenal sebagai Permanent Rose, Red Rose, ataupun Permanent Magenta.

Venetian Red : Hangat, Merah bumi dengan agak cenderung ke warna orange. Terbentuk dari Iron Oxide alami ataupun sintetis. Yang juga di kenal sebagai Red Ocher, Light Red.

Indian Red : Hangat, merah gelap bumi dengan agak cenderung ke warna biru menjadikan sebuah warna yang menarik ketika di campur dengan warna lainnya terbentuk dari iron oxide alami.

Earth red sangat berhubungan dengan brown ochers dan umbers. Nama-nama tersebut termasuk red ocher, red oxide, mars red, burnt sienna, terra rosa, dan red earth.

Tips menggunakan warna merah :

  • Tambahkan warna putih buram ke warna merah untuk mendapatkan warna Pink (merah muda), dibandingkan dengan warna merah cerah.
  • Kandungan warna tersebut akan memudar ketika warna tersebut tidak terjaga atau tertutupi dari cahaya yang akan memudarkan warna tersebut secara cepat jika Anda menggunakan warna putih sebagai Background pada area yang berwarna hitam.
  • Kualitas lukisan sebuah seniman akan dinilai berdasarkan seri nya, berindikasikan pada sebuah nomor pada, nilainya akan bertambah jika kandungan warna yang digunakan terlihat lebih eksotis. Jadi, sebagai contoh, pada Winsor & Newton Oils, warna merah cerah adalah seri pertama, Cadmium Red adalah seri ke empat dan carmine adalah seri ke enam.
  • Ingatlah untuk menggunakan warna komplementer untuk warna intensitas.