1. Lukisan Bunga affandi – Amarilis

 

Lukisan karya sang maestro Affandi ini memiliki nilai falsafah hidup yang dalam, dimana setiap individu Manusia yang ada di Dunia ini terlahir sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk ciptaan Tuhan yang lainya, bunga amarilis ini memilii arti dari sifat dramatis,simbol dari bunga amarilis ini adalah menunjukan rasa bangga

 

2. Raden Saleh

 

Lukisan karya Raden Saleh ini menggambarkan sebuah bencana yang melanda pulau jawa,lukisan ini memperlihatkan wilayah yang porak poranda diterjang air ,hanya ada satu atap menggambang yang di pakai manusia untuk menyelamatkan diri mereka ,saling berebut menyelamatkan diri. Wilayah yang tersisa air dengan puing-puing rumah dan mayat manusia berserakan.

 

3. Basuki Abdullah

Lukisan karya Basuki Abdullah yang berjudul Balinese Beauty (wanita bali).

pemandang lukisan yang menggambarkan seorang wanita indonesia asal bali.

Lukisan ini menggunakan teknik melukis yang menampilkan objek yang dominannya bersifat tradisional.

menggunakan warna- warna yang agak gelap untuk menampilkan unsur-unsur trdasional dan keindahan di dalam lukisan.

 

4. Hendra Gunawan

Lukisan berjudul “Pasar ikan Dipinggir Pantai” karya Hendra Gunawan ini adalah lukisan yang menggambarkan pantai indah dimana dipesisir pantai dijadikan pasar ikan.

lukisan ini berunsur natural

 

5.S Sudjojono

Dalam lukisan ini digambarkan keluarga kecil yang terdiri dari nenek, ayah, ibu dan dua orang anaknya mencoba mengungsi mengarungi bantaran sungai dengan membawa barang-barang kebutuhan seperlunya.

Mengungsi adalah tema lukisan yang populer pada masa itu.

Pada masa perjuangan, banyak rakyat yang terpaksa bertahan hidup dengan mengungsi dari satu tempat ke tempat lainnya.

kini lukisan tersebut di pajang di ruang resepsi istana merdeka

 

6.Popo Iskandar

Popo Iskandar merupakan pelukis dengan memiliki ciri khas tersendiri , beliau sering kali melukis bertema kucing.

lukisan kucing ini mengungkapkan salah satu karakter yang pernah dibuat dengan objek binatang. Deformasi dari goresan cat minyak di atas kanvas tersebut mengandalkan efek-efek goresan yang spontan dan transparan, binatang itu seakan baru bangkit dari tidur dan mengibaskan badannya beramai-ramai. Dengan warna hitam,dan mata yang memancarkan cahaya kucing ini tampak sebagai sosok binatang yang misterius.

 

7. Srihadi Soedarsono

 

Lukisan Srihadi Soedarsono merupakan karyanya yang bertema saksi perjalanan sejarah sejak jaman kemerdekaan hingga jaman modern, tema tentang perjuangan, kehidupan, alam dan cinta.

lukisan ‘Bedoyo Ketawang” karya Srihadi Soedarsono ini dilelang untuk amal di Art:1 New Museum, Jl Rajawali Selatan Raya No 3 Jakarta, september 2012 lalu. Lukisan cat minyak berukuran 240 x 130 cm itu laku terjual dengan harga Rp 1,3 miliar dan sebagian hasil lelang disumbangkan untuk Yayasan Kasih Mulia dan Yayasan Hati Suci.

 

8.Joko Pekik

Lukisan yang khas, beliau banyak mengkritisi dalam tatanan kehidupan sosial melalui karya Lukisanya,perjalanan hidupnya merupakan perjuangan getir untuk menggapai kesuksesan

 

9.Jeihan Sukmantoro

Lukisan ini menampilkan sisi kesederhanaan, baik dari sisi tehnik lukisan maupun makna lukisan, terlihat dari bidang warna dan obyek lukisan minimalis, sebagaimana ciri khas dari gaya lukisan Jeihan.

lukisan ini melukiskan sosok gadis dengan latar belakang cahaya gelap dan cahaya terang, dalam tatapan sedih namun kosong, seolah sang gadis diantara dua ruang waktu, yaitu masa lalu dan masa depan, disisi gelap merupakan masa lalunya yang kelam, dan disisi lainya adalah masa depan yang menawarkan kesempatan dan peluang baginya untuk merajutnya.

 

10.Widayat


Lukisan Widayat sebagian besar karya Lukisanya bertemakan Flora dan Fauna.

terlihat jelas lukisan di atas memperlihatkan kumpulan berbagai macan flora dan fauna dengan berbagai warna yang indah,kontras dan terlihat nyata.