Lukisan aliran romantisme merupakan sebuah seni lukis dimana sejarahnya terlahir dari abad ke 18 dan berasal dari Eropa Barat. Romantisme (romantic) sendiri merupakan sebuah bahasa yang berasal dari kata romans kemudian romans sendiri mempunyai arti yaitu merupakan narasi, puitis, dan heroic prosa serta sastra yang berasal dari abad pertengahan. Lukisan romantisme menekankan objek gambar berupa emosi yang kuat seperti rasa takut, kengerian serta ketakjuban atas sebuah emosi yang tergambar dalam lukisan tersebut. Lukisan ini biasanya juga mengangkat kesenian rakyat, serta alam dan kebiasaaan orang saat melakukan kegiatan. Luksian aliran romantisme ini memang sangat dipengaruhi oleh Eropa Barat karena aliran tersebut lahir dan berkembang pesat pada pertengahan abad di Eropa Barat. Hingga sampai di Indonesia karena ditularkan oleh para pelukis saat zaman pendudukan kolonial belanda.

Lukisan aliran romantisme banyak menggambarkan kejadian objek gambar yang memiliki rasa cinta, seperti dua orang lawan jenis yang sedang berada di taman, kemudian anak – anak yang sedang bermain bersama bahkan orang yang lanjut usia dilukis berdua diatas tempat tidur mereka. Menonjolkan sisi emosi kecintaan yang sangat baik pelukis aliran ini biasanya sering menjadikan objek gambar yang dalam kondisi tertentu untuk mendapatkan jiwa dari aliran romantisme ini. Tak jarang juga objek lukisan tersebut mempunyai background pemandangan alam sebagai latar belakang lukisan aliran romantisme.

Aliran romantisme merupakan aliran tertua di Indonesia dalam sejarah kesenian lukis modern karena sudah sampai di Indonesia saat pendudukan zaman belanda. Didalam seni lukis aliran ini pun berusaha dalam membangunkan sebuah kenangan romantis yang bisa dirasakan bagi penikmat lukisan ini serta menunjukkan sebuah keindahan dalam setiap objek lukisnya. Sejarahnya romatisme di Indonesia ini berkembang pada zaman Belanda oleh pelukis dari Belanda kemudian beberapa pribumi pun diajarkan dan ditularkan, dengan aliran romantisme ini pada saat itu Belanda bertujuan untuk koleksi galeri di zaman kolonial Belanda. Dan salah satu tokoh lukisan aliran romatisme paling terkenal asal Indonesia adalah Raden Saleh.