“Jika Anda tidak bisa menentukan dimana bagian elemen pada lukisan Anda, cobalah untuk membuat sebuat sketsa pada kertas kosong untuk sebuah percobaan terlebih dahulu, lalu sobek kertas itu dan berpindah ke kertas lain dan coba lagi untuk membuat komposisi sampai Anda merasakan bahwa komposisi tersebut benar-benar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Lalu, kumpulkan sobekan kertas yang merupakan hasil kegagalan Anda, tumpuk semua kertas itu menjadi satu, dengan begitu, Anda tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi dengan melihat kumpulan kesalahan Anda itu sendiri.”
Tips dari : Crissy McDuff

“Jangan posisikan suatu objek jika Anda ingin mereka terlihat lebih hidup dalam satu deret baris. Objek tersebut akan terlihat seperti pasukan dalam sebuah parade. Cobalah untuk membuat objek itu sendiri lebih rapi tetapi jangan membuat jarak terlalu dekat antara satu dengan objek yang lainnya. Atau jika Anda benar-benar ingin membuat objek tersebut ada dalam satu deret baris, buatlah objek tersebut secara tumpang tindih atau warnai mereka sesuai dengan angle yang baik seperti lurus dari atas kebawah dan sebaliknya.”
Tips dari : Anon

“Jika Anda menemui kesulitan untuk menentukan letak atau ukuran dari elemen tersebut tanpa berpikir untuk mencoba melukiskannya, cobalah untuk membuat goresan pada outline dengan tinta permanen diatas asetat. Pindahkan asetat tersebut ke sekitar bagian lukisan hingga Anda menemukan rasa puas pada bagian itu sendiri.”
Tips dari : Fredia Cox