Sebuah lukisan pemandangan harus membuat seseorang merasa seperti sedang berada di tempat itu Ketika melihatnya seseorang harus merasa seolah-olah nyata di dalam lukisan itu. Harus baik, memukau dan indah. Untuk mencapai hal ini, ada beberapa trik tertentu.

Lukisan Pemandangan

Trik pertama adalah dengan menggunakan kejelasan. Contohnya, untuk menunjukkan kabut tebal di atas beberapa bukit dari kejauhan, dan kabut akan memudar ketika sampai ke arah depan bukit-bukit. Trik kedua adalah dengan menggunakan alur berkelok-kelok, seperti jalan setapak atau sungai. Hal ini membuat seseorang merasa seolah-olah berada jauh di dalam lukisan itu. Trik ketiga adalah dengan menggunakan ukuran. Sebuah pohon yang dekat harus besar, sementara pohonyang jauh harus kecil. Hal ini meningkatkan perasaan pengamat akan jarak dan hamparan pemandangan.

Satu hal penting yang harus diingat tentang sebuah lukisan pemandangan adalah lukisan itu tidak harus menunjukkan secara tepat semua terlihat. Jika Anda tidak ingin melukis setiap pohon yang terlihat, maka jangan. Jika ingin meletakkan burung di langit, lalu taruh burung di langit. Jika tidak menyukai warna beberapa bunga, silahkan merasa bebas untuk mengubah warna untuk diinginkan. Jika tidak ingin menyertakan orang yang dilihat ke dalam pemandangan, hapus saja. Jika ingin mengubah warna langit dari abu-abu ke gelap malam, silahkan diubah. Gunakan imajinasi Anda. Ini semua terserah Anda. Tujuan lukisan pemandangan adalah secara dramatis menangkap nuansa pemandangan, bukan untuk menunjukkan segala sesuatu di dalamnya. Jika sebuah lukisan pemandangan seharusnya menjadi tiruan yang tepat maka akan disebut foto, bukan lukisan.

Sebuah lukisan pemandangan besar akan meningkatkan kemampuan seni Anda. Dengan semua tips dan trik melukis, Anda seharusnya sedang berada di jalan yang tepat untuk menciptakan sebuah lukisan pemandangan. Siapa tahu mungkin suatu hari Anda bisa menjadi seorang seniman pelukis pemandangan terkenal di dunia!