Asalkan memiliki ketetapan hati,  seseorang tidak akan pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk memulai melukis. Kuncinya adalah memiliki kesabaran untuk belajar teknik melukis. Jika tekun dan memiliki kesabaran, kemungkinan besar semua orang dapat menghasilkan lukisan yang dapat dibanggakan dan dinikmati orang lain.

Mari kita mencari tahu tentang apa yang diperlukan sebelum mulai melukis. Kita perlu sesuatu untuk dilukis yaitu kanvas kain, hadir dalam berbagai ukuran. Disarankan mulai dengan ukuran yang kecil tapi nyaman (16×20), tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga. Jangan lupa membeli kuas untuk cat minyak. Pemilihan kuas yang benar sangat penting dan dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas lukisan. Gunakanlah cat minyak yang lembut dan mudah dipakai. Beli cat minyak sesuai dengan apa yang ingin dilukis. Thinner tanpa bau, dapar melakukan pekerjaan dengan baik dan tanpa bau menyengat. Pisau palet untuk melukis adalah suatu keharusan terutama ketika kita ingin menerapkan efek salju atau shading di pegunungan. Ada berbagai ukuran dan bentuk, pastikan membeli sesuai dengan apa yang dilukis. Terdapat berbagai jenis palet untuk menaruh cat minyak di pasaran, pilihlah yang nyaman dipegang. Liquid Medium & Gesso akan sangat membantu dalam melukis. Bahan cair ini membantu cat minyak melekat lebih mudah serta membantu pencampuran cat minyak.

Semoga ini dapat membantu mereka yang ingin memulai menemukan kecintaan baru pada seni lukisan cat minyak. Carilah tempat untuk melukis, apakah itu di taman, di garasi, di teras rumah atau di mana saja dan biarkan imajinasi terbang melayang. Selamat melukis semua!