null

Meskipun menggambar dengan pensil merupakan bentuk pertama dari seni, kebanyakan orang akan mengatakan belajar menggambar itu tidak mudah. Banyak cara untuk belajar menggambar dengan pensil, terdapat beberapa latihan dasar dan tips menggambar yang dapat membantu mengembangkan keterampilan menggambar.

Satu tips untuk membantu mengembangkan keterampilan menggambar adalah mengikuti nasehat Cezanne yang terkenal dan fokus melakukan latihan berdasarkan nasehat tersebut. Cezanne terkenal karena mengatakan bahwa segala sesuatu di alam dapat diwakili dalam bentuk silinder, bola dan kerucut. Dia juga mengatakan, “Kita pertama kali harus belajar bentuk geometris: kerucut, kubus, silinder, bola”

Setiap kali memiliki waktu luang, berlatihlah untuk mencari bentuk-bentuk tersebut dalam objek yang berbeda. Jika Anda memiliki pensil dan kertas, analisa dan gambar objek untuk bentuk-bentuk tersebut. Ini adalah tips menggambar penting untuk pemula yang dapat dilakukan di mana saja dan hampir kapan saja.

Anda bisa mengembangkan latihan ini dengan mengambil foto-foto dari majalah dan menggambar dengan pensil di atas foto untuk mencari bentuk-bentuk dasar. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk setiap bentuk. Anda tidak perlu melihat seseorang sebagai sebuah kerucut dengan sebuah bola di atasnya tetapi cobalah untuk membayangkan bagaimana gambar akan terlihat jika disederhanakan dengan cara ini, serta bagaimana benda sehari-hari lainnya akan terlihat.

Sebuah kata terakhir tentang Cezanne, ia adalah inspirasi bagi semua seniman Cezanne bukan seniman alami yang terampil. Dia tahu apa yang ingin dilakukan, tetapi mengalami kesulitan dalam teknik melakukannya. Lihatlah gambar pensil dan lukisan awalnya, bandingkan dengan karyanya di kemudian hari, lihat bagaimana ia mengembangkannya, ambillah inspirasi dari sana.